Mengenai Saya

Foto saya
Selamat Datang di Blog Saya, Semoga bermanfaat

Selasa, 10 Maret 2009

Merubah Habbit Yang Buruk

Tanda-tanda orang yang tidak mendisiplinkan dirinya adalah dilihat dari polahnya
Bila kata yang tercuat adalah “Mulai Besok Saja” itu berarti perubahan untuk dirinya pun akan terjadi besok besok besok atau Takkan pernah

Sering kali kitapun seperti itu saat kita punya Plan terhadap diri kita dan ketika kita ingin memulainya kita selalu menundanya dan....
Kita selalu membuat alasan untuk membela diri kita atas penundaan tersebut.

Saya pun dulu pernah mengalaminya , program diet dan makan sehat selalu saya tulis dalam buku saya namun ketika makanan itu nampak didepan mata, lalu mulailah hati saya berkata ”aaah besok deh mulai dietnya”, jadilah berat badan saya tak pernah turun badan.

Sebetulnya ini pun berlaku sama saat kita mulai menerapkan sesuatu yang baik dan baru bagi diri kita.

Merubah pola hidup atau habbit memang tidak cukup satu hari tapi perlu perjuangan yang membutuhkan waktu bahkan sampai bertahun-tahun.
Contohnya bila kita biasa bangun siang maka ketika kita diharuskan bagun pagi maka akan terasa sulit sekali.
Sebenarnya bila kita melakukannya dengan sungguh-sungguh dan sadar maka yang pertama saat melakukannya berat maka kedepannya akan terasa ringan.

Tips saya dalam merubah pola hidup yang buruk ke pola hidup yang baik

Buatlah surat perjanjian diatas kertas atas diri kita sendiri

Isilah surat perjanjian tersebut dengan kriteria :

Masa Perjanjian kita dengan diri kita
Reward terhadap diri kita sendiri bila kita mampu melakukannya dengan baik
Punishment terhadap diri kita sendiri bila kita melanggarnya

Adapun isi perjanjian kita berisi tentang commitment kita terhadap misi yang akan kita jalankan

Buatlah dengan detail rencana pola hidup apa saja yang ingin dirubah atau diperbaiki sehingga jelas bila saat kita menjalankannya ada batas hitam dan putih , jadi tidak ada keragu-raguan untuk menjalaninya

Tentukan tahapan-tahapan mulai dari Visi , Misi dan tahapan-tahapan untuk mencapai misi tersebut , Buatlah Surat Perjanjian Jangka Panjang s.d. kita Mati nanti
Jangka Periodik Perjanjian yang berlaku untuk Setahun ,Sebulan s.d. Perhari

Ini Berlaku untuk kita yang ingin Berubah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar